PETUNJUK PELAKSANAAN
“Lomba Blog”
SMANEKA INFORMATICS VAGANZA 2010
Ketentuan Umum
Lomba blog ini bertemakan “ICT for Education”. Artikel blog merupakan hasil karya orisinil, hasil karya ini belum pernah dilombakan sebelumnya. Lomba ini dibedakan menjadi dua kategori yaitu kategori SMP/MTs dan kategori SMA/MA.
Ketentuan Peserta
1. Peserta lomba blog adalah siswa SMA/ MA dan SMP/MTs Negeri ataupun Swasta yang terdaftar sebagai peserta
2. Dari seluruh blog yang dinilai oleh juri akan dipilih 3 pemenang untuk kategori SMA/ MA dan 3 pemenang untuk kategori SMP/ MTs.
3. Setiap sekolah mengirimkan maksimal 2 orang perwakilannya
4. Sekolah dapat mengirimkan lebih dari 2 orang perwakilan, dengan syarat peserta tambahan harus membawa laptop sendiri.
5. Setiap sekolah didampingi oleh satu orang guru pendamping.
6. Peserta wajib mematuhi seluruh tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia.
7. Ketentuan tentang tata tertib pelaksanaan lomba blog ada pada poin tata tertib.
Ketentuan Pendaftaran
1. Menyerahkan formulir pendaftaran lomba blog kepada panitia SMANEKA INFORMATICS VAGANZA 2010.
2. Penyerahan formulir pendaftaran dilaksanakan tanggal 6-13 Januari 2010 mulai pukul 11.00-16.00 WIB.
3. Tempat penyerahan formulir pendaftaran di gedung OSIS lantai 2 SMA Negeri 1 Kepanjen, Jl. Jendral A. Yani 48 Kepanjen – Malang.
4. Dikenakan biaya pendaftaran Rp50.000,00 untuk setiap blog yang diikutsertakan dalam lomba ini.
5. Melampirkan kartu tanda siswa atau surat keterangan lain yang disahkan kepala sekolah yang bersangkutan.
6. Melampirkan surat delegasi dari kepala sekolah yang bersangkutan.
Metode Pelaksanaan
Tahap pelaksanaan lomba blog dibagi menjadi:
1. Pengumpulan formulir pendaftaran
Tanggal : 6-13 Januari 2010
Pukul 11.00 – 16.00 WIB
Tempat : Gedung OSIS lantai 2 SMA Negeri 1 Kepanjen
Jl. Jendral A. Yani 48 Kepanjen – Malang
2. Technical Meeting
Hari / Tanggal : Kamis, 14 Januari 2010
Waktu : Pukul 08.00- selesai
3. Tahap Penilaian
Tingkat SMA/MA
Hari / Tanggal : Sabtu, 16 januari 2010
Waktu : Pukul 07.30-11.00
Tingkat SMP/ Mts
Hari / Tanggal : Senin, 18 Januari 2010
Waktu : Pukul 07.30-11.00
4. Pengumuman
Pengumuman pemenang diumumkan pada acara Seminar pemanfaatan TIK/ICT pada :
Tanggal : Kamis, 21 Januari 2010
Waktu : Pukul 07.30 WIB - selesai
Tempat : Aula SMA Negeri 1 Kepanjen
Jl. Jendral A. Yani 48 Kepanjen – Malang
Tata Tertib
· Tata Tertib Blog
1. Blog merupakan account kosong dari kami
2. Blog merupakan blog yang baru dibuat untuk mengikuti lomba ini.
3. Blog merupakan account kosong & baru diisi pada saat proses penilaian blog.
4. Blog dapat diakses oleh masyarakat secara umum.
· Tata Tertib Artikel
1. Artikel dibuat oleh peserta sebelum pelaksanaan tahap penilaian dan disimpan dalam USB 2.0.
2. Artikel disimpan dalam bentuk Ms.Word dan diposting pada saat proses penilaian.
3. Artikel blog yang dilombakan belum pernah dilombakan sebelumnya.
4. Artikel blog yang dilombakan adalah karya orisinil.
5. Peserta harus membuat minimal dua artikel yang berkaitan dengan tema, yaitu ” ICT for Education”.
6. Setiap artikel yang dilombakan wajib mencantumkan kalimat “Karya ini dibuat untuk mensukseskan “SMANEKA INFORMATICS VAGANZA 2010”. Kalimat ini boleh diletakkan di bagian mana pun dalam artikel.
7. Isi blog secara keseluruhan tidak mengandung SARA atau hal lain yang melanggar norma kesusilaan, hukum, termasuk hak cipta.
· Tata Tertib Penilaian
1. Pada tahap penilaian, peserta diberi waktu selama tiga jam untuk memposting artikel dan mengisi blog.
2. Bagi peserta yang hadir terlambat pada saat proses penilaian, tidak mendapat tambahan waktu.
3. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Kriteria Penilaian
1. Tampilan Blog:
a. Tata Letak
b. Penggunaan bahasa yang baik dan komunikatif
c. Desain blog
2. Kreatifitas:
a. Kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat
b. Keaslian gagasan
c. Kejelasan pengungkapan ide
3. Kualitas isi:
a. Kesesuaian isi dengan tema
b. Menariknya artikel yang ditampilkan
Juri
Dewan juri adalah Dosen Universitas Brawijaya, Staf Telkom Speedy, dan Staf ICT Center Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.
Fasilitas Peserta
1. Setiap siswa peserta lomba blog dan guru pendamping berhak mengikuti seminar pemanfaatan TIK/ ICT yang diselenggarakan pada Kamis, 21 Januari 2010 di Aula SMA Negeri 1 Kepanjen.
2. Bagi siswa peserta lomba blog mendapatkan :
· Sertifikat sebagai peserta lomba blog
· Sertifikat sebagai peserta seminar
· Materi dan perangkat seminar
· Makan siang
· Snack
· Stiker
3. Bagi guru pendamping mendapatkan :
· Sertifikat sebagai pembina lomba blog
· Sertifikat sebagai peserta seminar
· Materi dan perangkat seminar
· Makan siang
· Snack
· Stiker
4. Bagi pemenang kategori SMP/MTs dan SMA/MA masing-masing mendapatkan:
· Juara I
i. Trophy Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang
ii. Piagam penghargaan
iii. Uang tunai
· Juara II
i. Trophy
ii. Piagam penghargaan
iii. Uang tunai
· Juara III
i. Trophy
ii. Piagam penghargaan
iii. Uang tunai
Contact Person:
Yenika 085 259 046 938
Risma 085 649 775 611
3 komentar:
Semoga dengan lomba ini bakal menggebrak dunia blog siswa diwilayah Kab. Malang
Pengumuman lomba tadi siang beserta point yang diperoleh mohon untuk diupload di web ini. Terima kasih.
assalamualaikum...
Posting Komentar